Beranda » Tak Berkategori » BAHASA PEMOGRAMAN C++ GEANY BUILDER

BAHASA PEMOGRAMAN C++ GEANY BUILDER

Membuat program untuk mengkonversi koordinat kartesian (x,y) menjadi koordinat polar (r,θ) dengan ketentuan berikut ini :

  1. r akar dari ( )
  2. Jika x positif dan y positif maka θ = arctan(y/x)
  3. Jika x negatif dan y positif maka θ = 90+ arctan(y/x)
  4. Jika x negatif dan y negatif maka θ = 180+ arctan(y/x)
  5. Jika x positif dan y negatif maka θ = 360 – arctan(y/x)

1

Sama seperti program sebelumnya memakai salah satu pengarah prepocessor directive yang tersedia pada C++ yang berfungsi untuk mengatur proses kompilasi program yaitu #include <math.h> yang menggunkan operasi yang bermanfaat untuk operasi matematika.

Memakai tipe data char yang mengalokasikan data pennyimpanan untuk tipe data sebesar ukuran maksimal.

Program ini berdasarkan pernyataan menu yang akan di pilih berdasarkan salah satu pernyataan menu-menu yang telah tertera, menu-menu yang dimaksud ialah berbagai macam rumus. melibatkan pernyataan switch untuk memeriksa data yang bertipe integer atau berkarakter untuk (pilihanmenu).

2

Pada case 1 salah satu pernyataan dari beberapa rumus yaitu “Rumus Menghitung Akar r” dimana memakai variabel x,y,r dan Konstanta di deklarasikann sebagai tipe data float yaitu numerik bilangan real dan/atau eksponen termasuk titik desimal dan karakter. Dengan memasukan nilai pada variabel “x” sebagai Nilai x dan “y” sebagai Nilai y. Dan melakukan proses sebagaimana dengan rumus menghitung Akar r r = sqrt ((x*x) + (y*y)); berdasarkan matematika yang telah di ubah ke dalam bahasa C. Maka akan di dapatkan hasilnya.

11

4

Pada case 2 salah satu pernyataan dari beberapa rumus yaitu “Rumus Menghitung x positif dan y positif” dimana memakai variabel x,y,theta dan Konstanta di deklarasikann sebagai tipe data float yaitu numerik bilangan real dan/atau eksponen termasuk titik desimal dan karakter. Dengan memasukan nilai pada variabel “x” sebagai Nilai x dan “y” sebagai Nilai y. Dan melakukan proses sebagaimana dengan rumus menghitung x positif dan y positif theta = atan (y/x); berdasarkan matematika yang telah di ubah ke dalam bahasa C. Maka akan di dapatkan hasilnya.

5

6

Pada case 3 salah satu pernyataan dari beberapa rumus yaitu “Rumus Menghitung x negatif dan y positif” dimana memakai variabel x,y,theta dan Konstanta di deklarasikann sebagai tipe data float yaitu numerik bilangan real dan/atau eksponen termasuk titik desimal dan karakter. Dengan memasukan nilai pada variabel “x” sebagai Nilai x dan “y” sebagai Nilai y. Dan melakukan proses sebagaimana dengan rumus menghitung x positif dan y positif theta = 90 + atan (y/x); berdasarkan matematika yang telah di ubah ke dalam bahasa C. Maka akan di dapatkan hasilnya.

7

8

Pada case 4 salah satu pernyataan dari beberapa rumus yaitu “Rumus Menghitung x negatif dan y negatif” dimana memakai variabel x,y,theta dan Konstanta di deklarasikann sebagai tipe data float yaitu numerik bilangan real dan/atau eksponen termasuk titik desimal dan karakter. Dengan memasukan nilai pada variabel “x” sebagai Nilai x dan “y” sebagai Nilai y. Dan melakukan proses sebagaimana dengan rumus menghitung x negatif dan y negatif theta = 180 + atan (y/x); berdasarkan matematika yang telah di ubah ke dalam bahasa C. Maka akan di dapatkan hasilnya.

9

10

Pada case 5 salah satu pernyataan dari beberapa rumus yaitu “Rumus Menghitung x positif dan y negatif” dimana memakai variabel x,y,theta dan Konstanta di deklarasikann sebagai tipe data float yaitu numerik bilangan real dan/atau eksponen termasuk titik desimal dan karakter. Dengan memasukan nilai pada variabel “x” sebagai Nilai x dan “y” sebagai Nilai y. Dan melakukan proses sebagaimana dengan rumus menghitung x positif dan y negatif theta = 360 – atan (y/x); berdasarkan matematika yang telah di ubah ke dalam bahasa C. Maka akan di dapatkan hasilnya.

12

13

Sebuah program dengan pernyataan rumus-rumus case yang tidak sesuai maka proses akan di alihkan ke default.

14

Pernyataan tidak terpilih karena tidak sesuai dengan nilai pernyataan rumus-rumus case yang tersedia.

Tinggalkan komentar